Subscribe

Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Korelasi Data, Informasi dan Pengetahuan

Berkecimpung di dunia IT sering kali kita berhubungan dengan sesuatu yang bernama data dan informasi.Tetapi apakah kita tahu apa itu data dan informasi ? Sebagian besar mengatakan bahwa data itu adalah kumpulan informasi. Jika data adalah kumpulan informasi, lalu apa definisi informasi ? apakah sesuatu yang terdapat dalam suatu data ? apa yang bisa kita dapat dari informasi ? Kalau anda masih bingung dengan pertanyaan-pertanyaan diatas, mari baca postingan saya berikut mengenai hubungan antara data, informasi dan pengetahuan.

A. Data

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia data adalah keterangan yang benar dan nyata.Sedangkan menurut Wikipedia, Data adalah sebuah nilai yang bersifat kualitatif atau kuantitatif dari sebuah variabel.Berdasarkan dua referensi tersebut secara general kita bisa mengatakan data adalah sebuah keterangan yang benar dan nyata atau merupakan fakta serta memiliki suatu nilai, baik itu kualitatif atau kuantitatif.

Contoh :
- 11,13,15,12,16,14.
- 3678 Mdpl
- Biodata yang ada di KTP/SIM (ini disebut juga data yang ter-format)
- 192.168.0.1

B. Informasi

Informasi adalah hasil dari pemrosesan sekumpulan data yang sudah memiliki makna yang dapat dimengerti oleh manusia.Berdasarkan pengertian tersebut kita tidak bisa mengatakan sesuatu itu informasi jika tidak dapat dimengerti oleh kita. Dari contoh-contoh data yang diatas kita dapat mengolahnya menjadi sebuah informasi yang dapat kita pahami dengan baik maksudnya.

Contoh :
- 11,13,15,12,16,14 => setelah kita proses ternyata data itu berisi informasi usia anak-anak yang mengikuti pelatihan komputer.
- 3678 Mdpl => Memberikan informasi ketinggian dari Gn.Semeru
- 192.168.0.1 => IP private dari laptop yang saya gunakan.

Informasi itu bersifat relatif, kadang bisa berguna namun bisa juga tidak. Tergantung dari siapa yang membutuhkan informasi tersebut. Misalnya tadi saya memberitahu bahwa 192.168.0.1 adalah IP Private laptop yang saya pakai.Bagi orang yang tidak mempunyai kepentingan dengan laptop saya mungkin informasi tersebut tidak ada gunanya bagi dia. Tetapi untuk orang yang mau mentransfer data ke laptop saya melalui jaringan komputer informasi itu sangat bermanfaat sekali.Selain itu Informasi sendiri kandungannya bisa benar dan bisa juga salah itu tergantung bagaimana pemrosesan dari data-data yang terkumpul untuk diolah menjadi informasi.

C. Pengetahuan

Pengetahuan adalah informasi yang kandungannya telah kita pahami dengan baik sehingga bisa kita manfaatkan untuk mengambil suatu keputusan atau pelajaran.

Kolerasi Data, Informasi dan Pengetahuan

Dari pengertian yang kita dapatkan sebelumnya, bisa kita buat sebuah kolerasi atau hubungan keterkaitan dari ketiga pengertian tersebut.


DATA -> INFORMASI -> PENGETAHUAN
contoh :


DATA



INFORMASI


PENGETAHUAN
Dari data dan informasi diatas kita mendapatkan pengetahuan bahwa mayoritas pengunjung blog ini adalah pengguna OS Windows. Dari situ kita bisa mengetahui bahwa pengguna OS Windows adalah yang terbanyak di dunia dibandingkan dengan user OS yang lainnya.

Refensi : Wikipedia
Image Source : Blogspot

No comments:

Post a Comment