Subscribe

Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Kesempatan Karir Lulusan Teknik Informatika

Akhir-akhir ini perkembangan dunia teknologi semakin pesat dari waktu ke waktu, terutama dalam bidang Informasi Teknologi ( IT ). Hal ini didukung oleh semakin meningkatnya SDM di bidang IT dan semakin banyaknya mahasiswa lulusan di bidang IT. Kira-kira bagaimana perkembangan dunia IT dalam kurun waktu 5-10 tahun kedepan ? Apakah kesempatana kerja bagi para lulusan IT semakin terbuka lebar ? ini lah yang akan menjadi topik bahasan yang akan saya jelaskan disini menurut pandangan saya pribadi dalam kapasitas saya sebagai mahasiswa jurusan Teknik Informatika. Namun topik yang akan saya bahas ini saya batasi pada bidang Computer Science, sesuai tugas kuliah saya pada mata kuliah Pengantar Teknik Informatika :D

Ilmu Komputer memiliki lima disipilin ilmu, yaitu Information System, Information Technology, Computer science, Computer Engineering dan Software Engineering. Di Indonesia sendiri Computer Science lebih dikenal dengan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer. Computer Science adalah disiplin ilmu yang mempelajari tentang pembentukan konsep dan fondasi algoritma yang nantinya dapat dikembangkan dalam dunia robotika, computer vison, system intelligent, bioinformatics dll. Lulusan di bidang Informatika diharapkan mememiliki kemampuan dasar yang memungkinkan mereka membiasakan diri terhadap teknologi dan ide-ide baru.

Berdasarkan kompetensi-komptensi tersebut berikut ini adalah jalur kalir yang dapat dijadikan pilihan para lulusan Informatika :
  • Programmer => merancang dan mengimplemantasikan software
  • Developper => mengembakan cara baru menggunakan komputer
  • System Analyst => menemukan cara yang efektif dan efisien untuk menyelesaikan masalah
  • Merancang dan Mengatur infrastruktur teknologi
Dari jalur karir di atas menurut saya semua jalur karir untuk lulusan Informatika masih sangat menjanjinkan dilihat dari kemajuan dan perkembangan teknologi di bidang IT yang terus berkembang dari tahun ke tahun dan diprediksi akan terus berkembang lebih pesat lagi. Setiap perkembangan dari teknologi itu sendiri pasti dibarengi dengan peningkatan kebutuhan SDM pada bidang itu sendiri. Disinilah para sarjana Informatika dapata mengambil perannya sesuai minat dan kemampuan yang dia miliki. Jadi dalam 5 -10 tahun kedepan karir untuk lulusan Teknik Informatika sangat terbuka lebar karena memang kemajuan zaman yang membutuhkannya.

Untuk menangkap peluang-peluang di masa depan nantinya, kita sebagai lulusan Informatika harus memiliki strategi untuk dapat memanfaatkan kesempatan tersebut. Salah satunya adalah dengan mengetahui, Strength(kelebihan),Weakness ( kekurangan ), Opportunity ( kesempatan ) dan Threat ( ancaman ) atau biasa disebut SWOT dari diri kita sendiri. Saya sendiri sudah membuat my own SWOT seperti berikut.
  • Strength : Memiliki motivasi yang tinggi, Optimis, semangat juang yang tinggi, memiliki kemauan untuk belajar yang tinggi
  • Weakness : malas memulai, mudah terpengaruh lingkungan, manajemen waktu belum baik
  • Opportunity : Cara saya menangkap kesempatan yaitu dengan kuliah di salah satu perguruan tinggi di bidang Teknik yang  terkemuka di Indonesia dan belajar dengan tekun
  • Threat : manajemen yang kurang baik dan kurang sabar
setelah mengetahui SWOT saya tersebut, saya dapat membuat strategi bagaimana caranya dengan SWOT tersebut saya dapat memanfaatkan peluang dalam 5 - 10 tahun mendatang. Secara umumnya kita harus bias memanfaatkan kelebihan yang kita miliki dan menjadikannya senjata pamungkas kita untuk menutupi atau bahkan menghilangkan kelemahan yang kita milki. Dan mulailah memikirkan solusi dari sekarang bagaimana menghadapi ancaman yang akan timbul nantinya, serta manfaatkan kesempatan yang ada sebaik-baiknya.

Sekian tulisan saya kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya.

source :
- ACM/IEEE-CS, Computing Curricula 2005: The Overview Report
- ilmukomputer.com

3 comments:

lowongan kerja terbaru 2013 said...

Di dunia internet dewasa ini memang lulusan teknik informatika yang paling dibutuhkan terutama yang bisa bahasa pemrograman web.

Anonymous said...

huehuehue

Annis said...

banyak juga kesempatan kerjanya

Post a Comment