Subscribe

Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Perkenalan Microsoft Frontpage


Microsoft FrontPage adalah program web editor yang sangat mudah untuk dipakai dan dipelajari. Microsoft FrontPage terdiri atas 2 bagian, yaitu Microsoft FrontPage Explorer dan microsoft FrontPage Editor. Microsoft FrontPage Explorer merupakan bagian dari Microsoft FrontPage yang digunakan untuk membuat, mendesain, dan me-manage seluruh isi web kita.
Dengan FrontPage Explorer kita dapat mengelola web yang telah kita buat. Web yang akan kita buat dinamakan FrontPage web, berupa kumpulan dari file-file berekstensi HTML, image, serta file-file khusus yang di"generate" oleh FrontPage Server Extention. Yang membedakan FrontPage web dengan web biasa adalah adanya penambahan FrontPage server Extention ke dalam web tersebut. Dengan penambahan FrontPage server Extention, suatu web akan bisa di akses menggunakan Microsoft FrontPage untuk proses pengeditan.

FrontPage Explorer digunakan untuk :
- membuat struktur keseluruhan dari web kalian
- menggunakan themes grafik untuk isi page
- mengatur file dan folder
- mengimport dan mengekspor file
- mengetes dan memperbaiki hyperlink
- mengadministrasi hak akses untuk beberapa orang tertentu
- mengecek task atau tugas-tugas yang telah dan akan dilaksanakan
- menjalankan FrontPage Editor untuk mendesain dan mengedit isi web page kalian.

PENGGUNAAN FRONTPAGE EXPLORER

Pengerjaan dengan menggunakan FrontPage akan melibatkan dua komponen, yaitu FrontPage Explorer dan FrontPage Editor. Pada komponen-komponen tersebut terdapat menu bars, toolbars, status bars, menu, title bar, dan dialog box.
Jika kamu sudah masuk ke dalam web kamu menggunakan FrontPage Explorer, maka pada layar akan terlihat tujuh cara pandang (view) untuk melihat web kamu. Cara-caranya adalah:
- folder view
- all files view
- navigation view
- hyperlink view
- hyperlink status view
- themes view
- tasks view
Cara-cara pandang ini digunakan untuk membantu kita mengatur web secara efektif. Pada layar sebelah kiri terlihat views bar. Kamu bisa memilih views yang kamu inginkan dengan car mengklik button-button yang terdapat di views bar tersebut. View tersebut juga dapat dipilih dengan menggunakan menu view dan mengklik jenis view yang di inginkan.

FOLDERS VIEW

Folders view merupakan cara pandang untuk melihat isi web kita berdasarkan nama-nama folder dan file yang ada dalam web tersebut. Folders view sangat mirip dengan Windows Explorer. Kamu bisa membuat, meng-copy, mendelete, dan memindahkan folder dan file dalam web kamu dengan cara yang sama seperti yang biasa kamu lakukan dengan Windows Explorer, misalnya dengan drag-and-drop. Dengan folders view ini, kamu dapat mengerjakan hal-hal berikut dengan cara yang sama di Windows Explorer, yaitu:
- membuat folder baru
- mendelete folder atau file
- memindahkan folder atau file
- mengcopy folder atau file

ALL FILES VIEW

Pada cara pandang all files, kamu dapat melihat seluruh file yanga da dalam web kamu, tanpa masuk ke dalam folder tertentu. Keterangan mengenai folder tempat suatu file berada juga disertakan. Dengan all files view ini kamu dapat memilah-milah nama-nama file, melihat ukuran-ukuran semua file dan informasi tentang waktu terakhir pengeditan.

NAVIGATION VIEW

Navigation view digunakan untuk membuat, menampilkan, memprint, dan mengganti struktur navigasi dari suatu web. Pada cara pandang ini, ditampilkan car pandang yang mirip dengan folder view. Kita juga dapat melakukan drag-and-drop untuk mengubah struktur web kita.

HYPERLINKS VIEW

Hyperlinks view memperlihatkan hubungan hyperlink antara file-file yang terdapat dalam web kita secara grafis. Jika dalam web kita terdapat link ke file yang berada di site lain dalam world wide web , alamat link tersebut juga akan diperlihatkan dalam cara pandang hyperlinks view ini.

HYPERLINKS STATUS VIEW

Hyperlinks status view memperlihatkan status dari hyperlink yang ada dalam suatu FrontPage web. Dari sini, kita dapat melihat link-link mana yang masih ada, dan link apa yang sudah rusak atau broken.

THEMES VIEW

Themes adalah elemen-elemen yang dapat ditambahkan ke dalam web untuk memepercantik penampilan web kamu. Isi dari themes adalah bullets, gambar-gambar, dan gambar background yang senada. Dengan menggunakan theme, tampilan web site kamu akan menjadi lebih konsisten, karena banyaknya penyeragaman tampilan, untuk banyak page yang berbeda. Themes dapat dipilih dari gallery yang tersedia, atau[un dibuat sendiri oleh kita.

TASKS VIEW

Untuk pengerjaan web kita, FrontPage Explorer menyediakan fasilitas untuk membuat daftar task, atau pekerjaan yang harus dilakukan. Status pekerjaan juga dapat dilihat dengan menggunakan tasks view ini, yaitu apakah pekerjaan itu sudah selesai dikerjakan atau belum.

PENGGUNAAN FRONTPAGE EDITOR

FrontPage Editor dapat ditemukan dengan mengklik icon FrontPage Explorer, atau dengan memilih perintah show FrontPage Editor pada menu Tools di FrontPage Explorer. Untuk suatu file HTML yang sedang diedit dengan menggunakan FrontPage Editor, disediakan 3 buath alternatif untuk tampilan (view), yaitu Normal, HTML, dan Preview. Pada Normal View, kita dapat melihat tampilan file HTML serupa dengan tampilan dari file teks biasa (tanpa tag-tag HTML). HTML view, menyediakan tampilan file tersebut dalam format tag-tag HTML, dan masih memungkinkan kita untuk mengedit tag-tag HTML secara langsung. Sedangkan Preview View akan menampilkan file pada tampilan sebenarnya di browser.

Untuk menggunakan FrontPage Editor, sebenarnya kita tidak perlu lagi mempelajari tag-tag HTML, karena FrontPage akan secara otomatis meng-generate tag-tag HTML, ketika kita mengedit suatu file dalam Normal View. Cara pengeditan dalam FrontPage Editor tidak berbeda jauh dengan cara penggunaan Wor Processor biasa, misalnya Notepad atau Microsoft Word. Proses-proses standar, seperti mem-blok, cut, copy, dan paste bisa juga digunakna dalam FrontPage Editor. FrontPage Editor juga dapat meng-convert file bertipe selain HTML ke dalam bentuk HTML. File-file tersebut adalah file-file dari microsoft word, microsoft excel dan wordperfect. Caranya dalah dengan membuka file-file tersebut langsung dari FrontPage Editor. File-file tersebut akan diconvert langsung ke dalam bentuk HTML. File-file berupa tabel dari microsoft excel juga akan secara otomatis diconvert menjadi tabel dalam bentuk HTML.

Yang membedakan FrontPage Editor dengan Word Processor biasa adalah kemampuannya untuk membuat hyperlinks, atau biasanya disebut links. Links adalah teks dengan format khusus, yang jika diklik di web browser akan mengarah ke file yang dituju oleh link tersebut. Cara membuat link adalah dengan memblok tulisan atau image yang akan diberi hyperlink, lalu memilih menu insert, dan seterusnya memilih option hyperlink. Jika link atau alamat yang dituju telah dituliskan ke dalam dialog box yang tersedia, tulisan yang diblok tadi otomatis menjadi hyperlink.

FrontPage Editor juga menyediakan editor grafis yang bisa dipakai untuk mengedit gambar. Gambar dengan berbagai tipe bisa dimasukkan ke dalam file HTML, lalu diconvert menjadi tipe GIF atau JPEG. Selain itu, kita juga dapat membuat image map, yaitu image yang berisi hotspots yang merupakan hyperlink. Caranya adalah dengan memblok bagian dari suatu image, lalu memilih menu insert-hyperlink. Selain itu perintah-perintah untuk crop, rotate, dan resize juga telah tersedia.

No comments:

Post a Comment