Subscribe

Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Tips Meningkatkan Alexa Rank untk Web/Blog

Alexa adalah website yang menjadi bagian dari Amazon.com dan menyediakan informasi mengenai trafik suatu website. Alexa rank dapat dijadikan gambaran mengenai jumlah pengunjung yang mendatangi suatu blog dan terekam oleh Alexa.

Awalnya aku gak begitu mengerti tentang alexa, lalu mulai deh aku cari-cari di web-web mengenai alexa dan begitu sedikit mengerti aku mencoba memasangnya.Waktu pertama kali memasang Alexa diblog ku, aku sedikit malu karena ranking yang di tampilkan alexa untuk blog ku sekitar 10jutaan.Alexa rank sedikit berbeda dengan google PR kalau google PR semakin tinggi nilainya semakin tinggi rankingnya, berlawanan dengan alexa yang semakin rendah nilainya semakin tinggi rank web/blog tersebut.Banyak webmaster yang menilai, Alexa Rank kurang akurat dibandingkan PageRank milik Google. Alexa masih bisa dicheat oleh para webmaster berpengalaman. Jika memang Alexa kurang akurat dibandingkan PageRank, lantas mengapa Alexa penting ? Jawabannya, karena ada beberapa website layanan iklan komersil yang memberikan syarat ranking Alexa dalam batasan tertentu. ReviewMe, Text Link Ads dan Sponsored Reviews adalah 3 diantaranya. Jikapun kita tidak berkeinginan menggunakan layanan iklan komersil atau tidak ingin menjadikan blog kita sebagai monetize blog, peningkatan ranking Alexa bisa dipandang sebagai upaya untuk melakukan sedikit optimasi yang bisa bermanfaat bagi kwalitas blog. Untuk meningkatkan rank alexa ku aku melakukan 5 tips berikut ini :

1. Alexa Traffic

Langkah yang paling dasar : Get lot of site traffic! Karena ide awal dari Alexa rank adalah untuk menentukan website mana yang memiliki traffic paling banyak dengan asumsi, banyak traffic = lebih populer. Yep, Alexa pada dasarnya adalah ranking popularistas suatu website.
2. Memasang Sidebar berisi Alexa Rank Widget

Tidak usah malu meski Alexa rank masih 10 jutaan misalnya. Namanya juga sedang usaha, hihihi... Kode Alexa dapat didownload dari http://www.alexa.com. Pemasangan kode pada sidebar sama seperti pemasangan kode HTML pada umumnya.
3. Alexa Toolbar

Menggunakan browser yang terinstall toolbar Alexa bisa ningkatin ranking website kamu. Sebenarnya bukan hanya websitemu, setiap website yang dikunjungi browser yang terinstall toolbar Alexa juga mendapat “nilai” yang akan diperhitungkan dalam ranking. Lalu, bukankah pengunjung pasti dari websitemu adalah dirimu sendiri? So, kalau browsermu sudah terinstall toolbar, maka penambahan point ranking akan terjadi secara otomatis! Nah, toolbar Alexa tersebut bisa di download di sini. Jangan lupa, setup alamat blog / website kita sebagai homepage utama dari browser yang kita gunakan.
4. Buat themes untuk Blog / CMS

Ini hampir tidak pernah terpikirkan oleh orang-orang yang memberikan saran seputar Alexa Rank maupun PageRank, padahal membuat themes yang digunakan oleh banyak orang adalah cara termudah mendapatkan backlink. Silakan lihat blog / website para pembuat themes, jarang yang memiliki PageRank maupun Alexa Rank yang jelek.
5. Buat posting mengenai Alexa

Tulis/blog tentang Alexa di blogmu. Webmaster dan Blogger suka cara-cara untuk meningkatkan ranking Alexa. Ya… mungkin seperti yang dibaca sekarang ini. Dengan sekian langkah yang bisa ditempuh, semestinya dalam rentang satu bulan Alexa Rank bisa meluncur keposisi yang lebih baik. Kalau nggak percaya silakan buktikan :D

1 comment:

Unknown said...

Hello. I've added your site in my Exchange Links list as name "aRiEf-OnLinE", check it please. Thanks!

Post a Comment