Subscribe

Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Intel Siapkan Prosesor Core i7

PRODUSEN chip terbesar dunia Intel Corp sedang mempersiapkan prosesor baru. Pada kuartal keempat (Oktober-Desember) 2008, Intel akan memproduksi prosesor baru bernama Core i7.

Prosesor baru itu dibangun menggunakan mikroarsitektur baru bernama Nehalem. Intel belum banyak mengungkap informasi mengenai Core i7. Namun, Intel menyatakan, prosesor itu dirancang untuk PC (personal computer) tipe desktop berkinerja tinggi.

Pada tahap awal, Core i7 akan hadir dalam dua jenis. Pertama adalah versi mainstream (umum) yang berharga lebih murah dan berkinerja rata-rata. Adapun versi kedua adalah versi Extreme. Prosesor Core i7 Extreme adalah prosesor kelas atas yang dirancang untuk desktop berkinerja sangat tinggi.

Intel belum mengungkap kisaran harga prosesor-prosesor itu. Intel juga tidak menjelaskan mengapa ada angka tujuh dalam nama prosesor itu. Kemungkinan, angka tujuh itu digunakan untuk menyelaraskan nama prosesor itu dengan nama sistem operasi terbaru Microsoft Corp yang akan dirilis pada tahun depan, yakni Windows 7.

Bersamaan dengan pengumuman Core i7, Intel juga mengungkap arsitektur prosesor terbaru yang sedang dibangunnya, yaitu arsitektur Larrabee. Prosesor Larrabee akan dipasarkan pada 2009 atau 2010 dan ditujukan untuk komputer-komputer grafis. Intel menyatakan, Larrabee adalah prosesor multi-core (berinti komputasi banyak).

Namun, Larrabee tidak seperti prosesor multi-core tradisional, yang berbentuk sekeping chip silikon dengan banyak inti komputasi. Sebaliknya, Larrabee adalah gabungan sejumlah prosesor yang dirangkai menjadi satu.

Intel tidak menyebutkan prosesor apa yang akan digunakan untuk membangun Larrabee. Intel hanya menyatakan, prosesor itu adalah prosesor yang mirip dengan prosesor Intel yang digunakan untuk menjalankan notebook, desktop, dan server. Larrabee tampaknya tidak ditujukan untuk sektor konsumsi.

Sebab, Intel menyatakan, Larrabee antara lain dirancang untuk memudahkan para pengembang gamemembangun game3D (tiga dimensi). Karena itu, Larrabee mungkin hanya akan digunakan di studio-studio game dan di industri kreatif lain.(Koran Sindo Senin,11-Agustus.)

No comments:

Post a Comment